Download Skipsi Analisa Data Penjualan Obat Dengan Menerapkan Algoritma Apriori


Rumah Sakit Umum Daerah terjadi beberapa transaksi penjualan dan pembelian obat. Data transaksi terus bertambah setiap harinya dan di rumah sakit tersebut data-data transaksi penjualan hanya disimpan sebagai arsip atau pembukuan dan tidak diketahui apa manfaat dari data-data yang ada tersebut untuk selanjutnya. Sistem pengolahan data yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah belum berjalan dengan baik karena data-data penjualan yang ada dalam pembukuan hanya dibiarkan menumpuk dan terus bertambah tanpa diketahui untuk apa selanjutnya data-data tersebut. Oleh karena itu rumah sakit tersebut memerlukan sistem untuk mengolah data yang dapat menghasilkan data penjualan obat yang paling sering dibeli atau paling banyak terjual sehingga dari hasil tersebut dapat menjadi acuan untuk menambah stok obat yang habis dan mengurangi beberapa obat yang jarang dibeli oleh konsumen. Salah satu teknik pengolahan data yang dapat digunakan untuk masalah tersebut adalah algoritma apriori.

Algoritma Apriori merupakan algoritma market basket analysis yang digunakan untuk menghasilkan association rule, dengan pola “if then ”.Market basket analysis merupakan salah satu teknik dari data mining yang mempelajari tentang perilaku kebiasaan konsumen dalam membeli barang secara bersamaan dalam satu waktu. Teknik tersebut bisa diterapkan dalam data yang sangat besar seperti data transaksi pembelian. Dalam teknik data mining terdapat beberapa algoritma untuk menyelesaikannya. Beberapa algoritma tersebut antara lain algoritma hash-based, algoritma apriori,dan algoritma FP-Growth. Sedangkan dalam penelitian ini akan menggunakan algoritma apriori.
Download Skipsi Analisa Data Penjualan Obat Dengan Menerapkan Algoritma Apriori

Silahkan Download Skripsi Analisa Data Penjualan Obat Dengan Menerapkan Algoritma Apriori disini : Download Skripsi Analisa Data Penjualan Obat Dengan Menerapkan Algoritma Apriori
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Gudang Skripsi TI & MI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger